4 Cara Backup Chat WhatsApp di Android, iPhone dan Windows

Portaljambi.id-WhatsApp merupakan aplikasi dengan banyak fitur yang bisa memanjakan para penggunanya. Aplikasi chat ini sudah ada sejak lama dan terus melakukan perkembangan terutama dalam hal fitur. Salah satu fitur yang paling penting adalah backup chat. Untuk cara backup chat WhatsApp sendiri juga tergolong simpel.

Backup chat atau istilah lainnya adalah mencadangkan isi chat adalah proses di mana pengguna mengamankan isi percakapan chat jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak enak. Riwayat chat memang bagi sebagian orang sangat penting dan jika hilang atau terhapus maka akan sangat disayangkan.

Oleh karena itu cadangkan pesan atau backup adalah pilihan terbaik untuk mengamankan isi chat. Banyak pengguna WhatsApp yang sudah sadar akan pentingnya hal ini. Namun masih banyak juga pengguna yang belum melakukan bahkan belum tahu caranya untuk melakukan backup chat.

cara backup whatsapp

4 Cara Backup Chat WhatsApp

Backup chat diperlukan untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu ponsel rusak dan harus ganti atau bisa juga tidak sengaja format data di WhatsApp. Jika hal ini terjadi maka pengguna yang sudah melakukan backup data tidak akan cemas karena bisa langsung melakukan restore atau mengembalikan isi chat lagi.

4 cara backup chat WhatsApp ini adalah untuk versi Andorid, iPhone, Windows, dan Juga Mac OS. Jadi pengguna bisa memilih ingin menggunakan cara yang mana atau menyesuaikan dengan ponsel dan jenis pc yang dipakai. Jangan khawatir karena 4 cara ini akan sangat mudah untuk dipraktikkan.

1. Backup Lewat Andorid

Cara pertama yaitu cara backup chat lewat perangkat Andorid. Di Indonesia banyak pengguna WhatsApp yang menggunakan sistem Andorid maka dari itu cara ini adalah yang paling banyak digunakan. Untuk backup data chat di Andorid ini pengguna harus punya akun Google Drive yang aktif.

Hal itu karena backup data di Andorid menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan. Jadi pastikan akun Google Drive aktif dan punya kapasitas yang longgar. Jika belum punya maka buat dulu akun Google maka nanti otomatis Google Drive akan terbuka.

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp dan pilih opsi titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu Setelan. Jika sudah masuk ke menunya maka langsung pilih opsi Chat lalu opsi Cadangkan Pesan.
  • Dengan begini maka pesan akan dicadangkan di Google Drive. Pengguna bisa memilih jangka frekuensi sesuka hati asal bukan pilih opsi Jangan Pernah. Opsi tersebut artinya tidak akan mencadangkan pesan di Google Drive.
  • Jika sudah maka WhatsApp akan mengarahkan untuk memilih akun Google yang akan dipakai. Jika diponsel hanya ada satu akun maka otomatis akan dicadangkan di akun tersebut.
  • Disarankan juga ketika melakukan proses pencadangan menggunakan jaringan Wifi agar tidak dikenakan biaya lain atau biaya tambahan. Tunggu proses pencadangan hingga selesai dan jika sudah maka artinya file sudah berhasil di backup.

2. Backup Lewat iPhone

Backup chat WhatsApp selanjutnya adalah untuk pengguna iPhone. Sistem yang dipakai iPhone berbeda dengan Andorid maka dari itu untuk pencadangan file di iPhone tidak menggunakan Google Drive melainkan menggunakan iCloud sebagai media penyimpanannya.

iCloud sendiri memang media penyimpanan online bawaan Apple yang fungsinya sama persis dengan Google Drive. Ini artinya cara backup chat WhatsApp melalui iPhone hampir sama dengan Andorid jadi tidak perlu khawatir. Sangat mudah dan bisa langsung diterapkan bagi para pengguna iPhone.

  • Hal pertama yang harus dipastikan adalah iCloud aktif. Jika iCloud tidak aktif maka proses pencadangan pesan lewat iPhone tidak akan terjadi.
  • Jika dirasa iCloud sudah aktif maka langsung saja buka aplikasi WhatsApp. Setelah masuk langsung ke menu Setelan dan cari opsi menu Chat. Pilih Cadangkan Pesan lewat iCloud. Tunggu sampai prosesnya selesai dan pastikan juga untuk menggunakan jaringan Wifi.

Cara backup chat lewat iPhone bisa dibilang sama dengan Andorid. Prosesnya mudah dan cepat asalkan persyaratan seperti iCloud harus selalu aktif. Pengguna juga bisa setel pencadangan otomatis jadi tidak perlu melakukan cara ini setiap saat.

cara mudah backup wa

3. Lewat Windows

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan media pc dengan OS Windows. Cara ini memang jarang dilakukan karena mengingat WhatsApp lebih banyak diakses melalui ponsel. Namun pengguna perlu tahu juga cara alternatif ini sebagai pilihan lain dalam mencadangkan chat.

Ada dua pilihan pencadangan ketika menggunakan pc Windows yaitu cadangkan online dan offline. Untuk metode online maka caranya sama persis dengan versi Android hanya medianya yang beda yaitu menggunakan pc. Jika menggunakan metode offline maka caranya adalah sebagai berikut.

  • Hubungkan ponsel dengan pc terlebih dahulu caranya dengan menggunakan kabel data atau media lain. Jika sudah terhubung maka pilih penyimpanan internal ponsel dan cari data WhatsApp.
  • Di dalam data WhatsApp cari saja folder Database. Akan muncul banyak data yang berisi backup chat sesuai dengan tanggal, bulan, tahun. Pilih saja tanggal yang terbaru kemudian copy data tersebut dan simpan di pc.
  • Jika sewaktu data backup chat diperlukan maka langsung saja copy data tersebut ke memori internal di ponsel.

Lewat-MacOS

4. Lewat MacOS

Cara backup chat WhatsApp yang terakhir adalah dengan mengandalkan MacOS. Jika menggunakan ponsel iPhone dan pc OS MasOS maka cara ini bisa dipakai. Caranya hampir sama dengan lewat Windows namun kali ini dilakukan sistem scanning.

Setelah menghubungkan iPhone dengan MacOS maka kedua perangkat akan terhubung dan muncul sebuah program. Langsung saja pilih Backup WhatsApp Message dan dengan begini maka otomatis data akan di scan. Prosesnya tidak memakan waktu lama jadi tunggu hingga selesai.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Backup Chat

Untuk backup data chat di WhatsApp memang sangat mudah namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan backup chat.

1. Koneksi

Backup chat WhatsAp tetap menggunakan koneksi kecuali melakukannya secara online seperti menggunakan pc Windows. Perlu diingat jika ingin backup chat usahakan menggunakan jaringan Wifi karena selain lebih lancar, Wifi juga tidak dikenai biaya tambahan.

Jika menggunakan data seluler sebagai aliran internet saat mencadangkan data maka akan kena biaya tambahan. Pastikan untuk menggunakan koneksi Wifi dan jika tidak ada maka bisa diakal dengan menghidupkan hotspot dari ponsel lain kemudian sambungkan maka WhatsApp akan menganggap itu sebagai jaringan Wifi.

2. Akun Google dan iCloud

Pastikan juga sebelum backup chat WhatsApp sudah punya akun Google dan iCloud. Jika untuk akun Google cek dulu kapasitas penyimpanannya masih longgar atau tidak. Untuk akun iCloud aktifkan terlebih dahulu jadi ketika backup tidak perlu repot-repot untuk mengaktifkan.

Untuk cara backup chat WhatsApp memang sangat mudah dan bahkan bagi yang masih awam saja bisa langsung mencoba. Akan lebih mudah lagi jika setelah melakukan backup data pertama kali langsung setel atau atur saja ke pencadangan pesan secara otomatis. Jika lupa mencadangkan pesan maka pesan otomatis sudah dibackup.

Leave a Comment