5 Cara Mengetahui Whatsapp Disadap Dan Mengatasinya

Portaljambi.id-Hidup di zaman era Informatika untuk saat ini maka membuat Kamu harus lebih berhati-hati supaya data-data pribadi tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Sama halnya mengenai cara mengetahui WhatsApp disadap yang wajib diketahui oleh semua pengguna Whatsapp.

Cara penyadapan ini dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh akses secara ilegal, kemudian menggunakan akun tersebut tanpa sepengetahuan pemiliknya. Sebenarnya cukup mudah untuk mengenali beberapa tanda bahwa WhatsApp yang Kamu miliki tersebut disadap oleh orang lain.

Hanya saja beberapa dari penggunanya masih merasa bingung bagaimana cara untuk mengetahuinya. Mengingat bahwa penyadapan pada akun Whatsapp sangat merugikan bagi pemiliknya, sebab itu jangan sampai akun Whatsapp yang kamu miliki tersebut disadap oleh orang lain.

ciri-ciri whatsapp disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Ada beberapa cara yang bisa membantu Kamu supaya bisa memastikan apakah WhatsApp Kamu disadap atau tidak. Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan sebagai cirinya di antaranya seperti berikut:

Pengguna Tidak Dapat Login

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah WhatsApp tersebut disadap oleh orang lain yaitu pengguna tidak bisa melakukan login atau kesulitan saat login. Pada biasanya akun dari WhatsApp yang disadap tersebut menjadikan pengguna sulit mengakses akun yang dimilikinya.

Hal ini dikarenakan satu nomor HP hanya dapat digunakan untuk satu aplikasi WhatsApp saja. Apabila WhatsApp tiba-tiba log out atau keluar tanpa disadari maka hal ini berkemungkinan terdapat pihak lain yang menggunakan nomor HP Kamu supaya dapat melakukan login WhatsApp.

Pada biasanya pengguna akan diberikan dengan OTP atau kode One Time yang dikirimkan di nomor HP tersebut. Dengan cara inilah maka diharapkan Kamu tidak memberikan kode OTP kepada siapapun.

Akan tetapi pada saat nomor hp sudah digandakan maka kemungkinan besar peretas bisa membuka pesan OOTD tersebut.

Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Cara kedua yang perlu Kamu ketahui yaitu tidak dapat melakukan panggilan pada biasanya. Akun Whatsapp yang disadap maka tidak dapat melakukan panggilan melalui WhatsApp. Dengan begitu maka Kamu bisa mengenali tanda ini dengan baik.

Apabila Kamu tidak dapat menelpon kontak menggunakan akun Whatsapp yang Kamu miliki, maka hal ini berkemungkinan besar terdapat pihak lain yang menggunakan nomor tersebut tanpa sepengetahuan Kamu.

Untuk itu perhatikan hal ini dengan baik supaya Kamu lebih peka jika suatu hari nanti akun Whatsapp Kamu disadap oleh orang lain.

Pesan Terbaca

Cara mengetahui WhatsApp disadap selanjutnya yaitu pesan sudah terbaca, sedangkan Kamu tidak membukanya. Apabila Kamu menemukan pesan yang masuk padahal tidak membukanya maka hal ini berkemungkinan terdapat pihak yang lain sedang menggunakan atau mengakses akun wa Kamu.

Sebenarnya tanda ini sangat mudah diperhatikan. Terutama Jika Kamu mengaktifkan bagian centang dua warna biru di pesan yang sudah dibaca. Akan tetapi jika tidak mengaktifkannya maka sulit sekali untuk mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.

Walaupun demikian Kamu masih dapat memperhatikan tanda angka di bagian notifikasi WhatsApp. Apabila belum membuka pesan akan tetapi angka di notifikasi pesan Whatsapp hilang hal ini berkemungkinan bahwa pesan tersebut dibaca pihak lain tanpa disadari.

Riwayat Pengiriman Pesan

Masih ada cara selanjutnya supaya Kamu bisa mengetahui apakah saat Kamu disadap atau tidak yaitu dengan memperhatikan aktivitas pengiriman pesan. Terutama saat Kamu membuka aplikasi setelah itu terdapat pesan yang dikirim tanpa sepengetahuan Kamu.

Maka hal ini berkemungkinan terdapat pihak lain yang mengakses akun Whatsapp tersebut. Pengguna Wa bisa mengetahui apakah akun Whatsapp disadap atau tidak.

Baterainya Udah Habis

Ini adalah poin yang sangat penting untuk diperhatikan. Kondisi baterai HP yang cepat habis terkuras ternyata juga dapat dijadikan sebagai indikasi bahwa WhatsApp disadap oleh orang. Cara mengetahui WhatsApp disadap ini memang sederhana, namun sering kali terabaikan.

mengatasi wa disadap

Cara Mengatasi Whatsapp yang disadap

Apabila beberapa tanda di atas Kamu alami, maka kemungkinan besar akun WhatsApp sedang disadap. Jika demikian yang terjadi, Kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa diikuti. Supaya dapat mengatasi permasalahan WhatsApp yang disadap di antaranya seperti berikut:

Mengaktifkan Verifikasi

  • Silahkan pilih 3 titik bagian pojok kanan atas.
  • Setelah itu pilih pengaturan dan klik akun.
  • Jika sudah silakan pilih enable.
  • Kemudian barulah memasukkan 6 kode rahasia yang sudah Kamu pilih.
  • Langkah selanjutnya masukkan email yang dipilih agar bisa memulihkan password jika Kamu lupa kode rahasia.

Gunakan Pemindai Sidik Jari

  • Kamu dapat klik 3 titik pada bagian kanan pojok atas.
  • Setelah itu pilih privasi.
  • Kemudian klik kunci sidik jari dan pilih aktifkan.
  • Lalu Kamu diminta untuk melakukan perekaman sidik jari.
  • Setelah itu tunggulah sampai prosesnya selesai.

Logout Dari Whatsapp Web

  • Apabila Kamu pernah melakukan login menggunakan WhatsApp web atau desktop, maka Kamu dapat melakukan log out terlebih dahulu. Caranya Kamu tinggal pilih opsi 3 titik yang letaknya ada di atas tengah.
  • Setelah itu barulah pilih keluar.
  • Proses selesai

Menonaktifkan Akun Whatsapp

  • Untuk cara ini dapat dilakukan apabila Kamu ingin menghentikan aktivitas penyadap. Caranya tinggal melakukan pengiriman email ke dukungan wa melalui alamat yang ada di support@whatsapp.com.
  • Untuk frasa yang digunakan yaitu dicuri atau hilang.
  • Setelah itu Kamu dapat menonaktifkan akun saya pada badan email.
  • Apabila akun sudah berhasil dinonaktifkan maka Kamu masih mempunyai waktu 30 hari supaya dapat kembali mengaktifkan akun sebelum dihapus permanen oleh pihak WhatsApp

Bagaimana Jika Whatsapp Terbuka Pada Perangkat Lain?

Jika Kamu sudah mengetahui cara mengetahui WhatsApp disadap di atas, kini saatnya mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi hal ini. Cara paling mudah yang bisa dilakukan yaitu Kamu bisa keluar dari semua sesi perangkat yang menyala atau online.

Secara otomatis pihak dari peretas atau penyadap akan kehilangan akses ke akun Kamu tersebut. Akan tetapi tidak berhenti sampai disitu saja. Supaya dapat menghindari hal tersebut terulang kembali maka solusi paling efektif yang bisa Kamu coba yaitu dengan mengonfigurasi WhatsApp.

Untuk caraini bisa dilakukan dengan menggunakan app lock. Cara inilah yang sangat ampuh karena walaupun ada seseorang yang menggunakan ponsel Kamu, namun mereka tidak bisa mengakses aplikasi WhatsApp atau menghubungkan ke PC maupun aplikasi lain melalui WhatsApp web.

Perlu diketahui juga bahwa orang yang menyadap WhatsApp akan mengaktifkan akun pada perangkat lain. Dengan begitu maka Kamu dapat menonaktifkannya. Pada dasarnya penyadap akan mendaftarkan nomor whatsApp di ponsel lain selama melakukan konfigurasi peretas memulihkan.

Sebagai pengguna Whatsapp pastinya sangat penting sekali supaya memahami bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap. Setelah mengetahui beberapa ciri yang ada di atas maka pengguna bisa langsung melakukan tindakan yang tepat agar menjadi pihak yang tidak dirugikan.

Leave a Comment